Minggu, 17 April 2011

Galau.. OH galau....

masa muda... ada yang mengatakan adalah masa yang indah. Dimana Cinta, persahabatan, iri, dengki, amarah, kesenangan, tawa, tangis, dan sejuta perasaan lainnya menjadi penghias dalam untaian hari. Tapi terkadang, masa muda juga menyimpan banyak tantangan yang pada akhirnya akan menjadi suatu kenangan yang membuat kita tertawa pada esok harinya.. Salah satu tantangan yang menjadi polemik disaat masa muda adalah rasa "kesepian".. saat dimana kita merasa sendiri, merasa tak ada yang memperhatikan, merasa dunia menjauhi kita dalam suatu tempat yang ( mungkin ) sangant sempit, terpojok, terkucilkan, terasingkan dan semuanya.. anak muda biasa menyebutnya masa GALAU!! dan orang yang mengalaminya disebut galauers... hahaha

Galau... ya galau... sering kali kata itu terucap dalam masa anak muda zaman ( yang katanya ) modern ini... " Eh, aku lagi galau niiih..", " Aduh... gara gara dia, aku galau tiap malem..", " Sial, malam minggu sepi, bikin galau aja..". Atau banyak anak muda yang menulis status dalam suatu jejaring sosial cukup dengan 2 kata.." Lagi Galau.." ( dan biasanya setelah itu banyak comment yang masuk.... heehehe )

Kenapa sih anak muda galau??? mungkin itu pertanyaan yang memiliki buanyaaakk sebab. Kalau dari kaca mata saya...( kayak ahli aja... ahli galau maksudnya.. hehe), ada beberapa sebab anak muda menjadi galau.. salah satu alasan yang paling sering terjadi adalah karena masalah lawan jenis. Nah... masalah yang satu ini emang susah dilepaskan dari kehidupan dalam masa muda.. karena memang saat dimana kita menjadi muda, adalah saat kita mulai belajar apa itu Cinta, kasih sayang, dan belajar menyayangi orang lain. Ada yang galau karena barusan diputus pacarnya, ada yang galau karena gak dapet dapet cewek ( saya contohnya... hehehe ), ada yang galau karena orang yang disukai gak merespon dan masih banyak segudang alasannya.. Wajar kalau boleh saya bilang. Tapi da juga yang galau karena masalah persahabatan dan pertemanan.. ada yang karena temennya nge-jengkelin, ada yang temennya tiba tiba cuek.. atau ada yang sahabatnya atau temennya lupa akan har ultahnya..( yang kesindir maaf ya.... hhehehehe ). Ada juga yang karena baru gak ada kerjaan, jadi ngerasa sepi dan akhirnya galau deeehh... yang jelas, banyak alasan orang menjadi galau.. dan banyak alasan anak muda menjadi ngerasa sepi dan akhirnya mengasihani diri sendiri...

Ya, mengasihani diri sendiri... ketika kita mendapat suatu masalah, atau baru mengalami saat saat sendiri, berapa kali kita mengasihani sendiri, seperti pikiran " Aku memang cowok biasa yang gak punya apa apa..". " Ah.... Cinta memang rumit... menyebalkan, coba gak kenal dia.. gak bakal sakit hati deh...". " Bete banget siih... masa' dia lupa Ultah gw... ", dan pikiran pikiran lainnya... Sadarkah kita bahwa disaat seperti itu, kita sedang mengasihani diri sendiri??? dan justru disaat itulah kita malah lebih dalam merasa kesepian???? dan sadarkah kita kalau kesepian itu adalah alat jerat setan untuk menipu daya kita??

Kenapa alat jerat setan??? ya, karena kita mempunyai kecenderungan melakukan tindakan yang negatif disaat merasa sepi, merasa tertekan dengan beban hidup, disaat dunia terlihat sangaaaaaat jauuuuh... ya ga??? Banyak anak muda yang perlahan mulai menyalurkan masa-masa galau-nya dengan narkoba.. karena bagi mereka, dengan narkoba semua masalah  dan tekanan tekanan yang terjadi bisa hilang..( iya.. ngilang karena nge-"fly".. masalah baru muncul men.. masalah kesehatan maksudnya.. ), atau dengan mengalihkan segalanya dengan membuka situs berisi konten "dewasa" dan akhirnya melakukan tindakan yang tak semestinya ( masturbasi misalnya...) dan banyak cara cara lainnya, minum minuman keras, dugem ampe "gila" dan masih banyak lagi..

Tau g sih kamu bahwa sebenarnya, disaat galau itu, adalah saat dimana Alloh ingin mendekat kepada kita??? disaat kita merasa sepi, disaat kita merasa sendiri, disaat dunia menjatuhkan segala tekanan yang terasa sangat berat.. ada spot dalam hati kita yang terasa kosong.. nah, tinggal bagaimana kita menyikapinya.. Biarkan Alloh swt masuk dan mengisi "spot" yang kosong dalam hati temen-temen semua.. Biarkanlah Alloh swt yang bekerja untuk mengisi kesepian temen temen dengan ketenangan, ketentraman, dan kasih yang luaar biasa... Rasakanlah kehadiran Alloh dalam setiap nafas kita.. setiap detik ke-galau-an kita.. dan Biarkan Alloh mengganti perasaan galau itu menjadi berkah dan nikmat yang lezat di hati..

Kalau galau karena masalah cinta, Kenapa tidak kita minta tolong atau curhat kepada yang Maha Mencintai?? bukankah Alloh cinta kepada hamba-Nya bahkan disaat kita melupakan-Nya?? karena bagi saya, ada 1 yang tidak bisa dilakukan Alloh, yaitu berhenti mencintai hamba-Nya.. Seorang koruptor dan penjahat bejat pun masih dibiarkan hidup di dunia juga karena Cinta Alloh kepada mereka, agar mereka masih punya waktu untuk bertaubat dan memperbaiki segala kesalahannya ( Kalau mereka nyadar... biasanya engga sih... malah ada yang gak tau malu... hehehehehe ). Jadi, ada masalah cinta?? Alloh dokternya... hehehe.

Galau karena masalah masalah ayng setimpuk, ampe keberatan di pundak??? Kenapa g minta Tolong kepada yang Maha Meringankan??? Bukankah Alloh yang memberi kemampuan kepada kita untuk menyelesaikan segala ujian-ujian dari-Nya?? Kalau kita melihat masalah dan ujian yang ada sebagai beban, ya selamanya akan menjadi beban..
tapi bagaimana kalau kita melihat ujian itu sebagai proses dari Alloh untuk menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik??? Merasa tertantang untuk menghadapi cobaan, masalah, ujian dengan semangat Illahi?? hehehehe... ayo, kita pasti bisa... dan Janji Alloh sendiri lho untuk tidak memberikan ujian yang melebihi kemampuan kita.. jadi, setiap maslah yang ada pasti sudah diukur agar kita bisa melaluinya dengan baik.. dan jadilah PEMENANG dalam setiap tantangan yang ada.. ^^

masih merasa GALAU??? Ada Alloh yang selalu menemani kita, selalu melihat gerak gerik kita, dan selalu memenuhi kebutuhan kita bahkan tanpa kita meminta... tunggu apa lagi??? Segeralah ambil air wudhu, dan temui Dia dengan semangat yang membara dan tentu saja... kekhusyukan.. okeh??
( temen-temen yang beragama lain, silahkan beribadah dengan caranya masing-masing..  ^^ )

Bye bye galau.. Di kehidupanku, Ada Alloh swt yang selalu menemani... ^^ dan aku cukup bila ada Dia..

( jangan biarkan galau mengantarkanmu ke dalam jurang kenistaan.... semangat semuanya.... !! ^^ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar