Selasa, 26 April 2011

Karena Engkau Begitu cantik....

CANTIK....
apa yang ada dalam benak temen temen ketika mendegar kata ini??? apakah terbayang sosok wanita yang (menurut pikiran kita) mempesona??

atau kalo boleh saya gambarkan seperti ini :
sesosok wanita yang memenuhi kaidah kecantikan saat ini, Putih, bertubuh tinggi, berhidung mancung, bertulang pipi menonjol, serta - tentu saja, berambut hitam legam dengan pola sedikit berombak atau lurus abis ( habis rebonding-an.. hahahahaha), kalau perlu juga dengan bermata biru... ( kalau yang ini tergantung genetika-nya... tapi bisa juga kok pake lensa kontak...).

"Ah... Cantik itu kan relatif...". Pasti ada beberapa temen temen yang berpendapat demikian. Yap.. memang, standar kecantikan itu mengikuti pola pikir induk segala pikiran ( hem... mulai agak berat nih...). Biasanya... bangsa yang "kalah" akan mengikuti budaya bangsa yang "menang". Begitu juga dengan standar cantik.. Bangsa yang kalah ( atau merasa kalah.. -___-") akan mengikuti standar kecantikan bangsa yang menang. Sebagai contoh, orang afrika dan asia (mungkin) menganggap si jelita adalah si eropa, karena mereka tak cukup percaya diri untuk mengatakan bahwa gadis-gadis mereka pun tak kalah jelita.
Apakah diantara orang-orang afrika yang legam tak ada yang menarik?? Di antara orang Arab yang merah kecoklatan tak ada yang menonjol dalam segi rupa?? Juga, apakah dalam kesipitan dan kepesekan bangsa Asia tak ada diantara mereka yang menimbulkan rindu bagi siapa saja yang memandang dan  dan lantas berpisah dengannya???
Mungkin tepat peribahasa " Gajah didepan mata tak tampak, kuman di pulau seberang tampak.." ( Pasti nyesel deh kalo masih berfikiran kayak gitu... hahahaha ).

Well, tadi itu cuma pendapat saya saja... dengan melihat beberapa pustaka dan survey lapangan... ( sok ilmiah tepatnya... ^^ )

Dan, ada sebuah fenomena yang menurut saya cukup unik dan menarik untuk kita perbincangkan. Sebuah fakta bahwa setiap wanita pasti ingin tampil cantik ( hal yang wajar menurut saya...). Se-"tomboy tomboy"-nya wanita, pasti ada sisi "kewanitaan" yang akan muncul pada saat saat tertentu.. ( Thx buat sahabat saya yang mengajarkan saya tentang hal ini... ^^ ). Tampil cantik dan perfect adalah idaman setiap wanita.. bahkan, ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendapat predikat cantik.. dengan jalan............. Operasi Plastik.. ( dalam konteks ini adalah cantik secara fisik )

Ya, Operasi plastik yang terkenal mahal adalah sebagai salah satu jalan (mungkin sudah menjadi jalan utama sekarang) untuk bisa tampil cantik.. Sudah banyak artis artis kita yang merubah salah satu, salah dua , atau salah banyak bagian dari tubuhnya untuk dapat terlihat lebih indah.. ( bahkan ada yang "over"... gak usah sebut nama yaaa... hehehe ). Di beberapa negara di dunia ini, baik di benua eropa, afrika, amerika, dan asia pun operasi plastik sudah dianggap sebagai hal yang lumrah.

Mungkin sudah temen temen dengar tentang girlband girlband di sebuah negara ( yang salah satunya adalah favorit saya... hahahaha.. wajar dong, kan cowok normal.. ) yang rela merubah beberapa susunan wajah dan bentuk tubuh mereka agar dapat tampil terlihat cantik.. di negara kita pun sudah mulai muncul fenomena ini..

Tapi, dibalik semua itu, ada berita yang cukup mengerikan ketika saya mendengar ketika ada seorang wanita yang meninggal di meja operasi ketika sedang melakukan operasi plastik. Yang paling mengerikan adalah.. ada seorang aktris/penyanyi yang ( mungkin ketagihan ) melakukan beberapa suntikan silikon dan metode metode lain sampai akhirnya bukan CANTIK yang dia dapat, tetapi justru wajah yang "amburadul" gak karuan akibat salah obat.. kalo boleh saya bilang, terlihat agak "ngeri". Sampai dokter dokter yang ada, tidak sanggup untuk menangani masalah sang wanita ini.. Dan yang membuat agak miris adalah harapannya sekarang adalah... KEMBALI KE WAJAH SEMULA... ironis memang..

Dalam sebuah hadis telah dijelaskan :
”Allah melaknat wanita-wanita yang mentato dan yang meminta untuk ditatokan, yang mencukur (menipiskan) alis dan yang meminta dicukur, yang mengikir gigi supaya kelihatan cantik dan merubah ciptaan Allah" ( HR. Bukhari dan Muslim R.a )

(Operasi plastik sebenarnya boleh dilakukan bila dalam keadaan tertentu, misalkan karena kecelakaan, mengalami penyakit yang cukup parah, yang penting tidak ada unsur kesengajaan.. ^^).
Operasi plastik memilik resiko yang tinggi dan belum tentu boleh bila dipandang dari segi agama.. jadi?????? teman teman yang memutuskan.


kawanku, tak usah khawatir.. karena :
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya .” (Q.S At-Tiin ayat 4 )


So, bersyukurlah karena kita telah diciptakan dalam keadaan ( Insya Alloh ) sempurna ini.. gak perlu minder, gak perlu menutup diri... tunjukkan pada dunia bahwa kehadiran kita patut diperhitungkan.. hehe


"Aduh... tapi aku masih merasa kurang cantik..."


well, kawanku, kembali ke atas bahwa cantik itu sangat subjektif dan relatif,. dan biasanya yang digunakan sebagai tolak ukur adalah cantik secara fisik.. Sebenarnya kalau ingin kita telusuri, istilah CANTIK mengandung makna yang luas, terpaut luar dan dalam...
Sekarang tidak mesti temen temen harus mempercantik diri dengan alat kosmetik atau dengan menggunakan gaun-gaun aduhai yang akhirnya akan membawa kita pada sikap berlebihan.
Tak perlu pula kita merubah apa yang telah Allah ciptakan seperti bentuk alis, bentuk mata, hidung,. dll wal ‘iyadzubillah. ( udah jelas kan tadi hadisnya...)
Namun tidak berarti kita meninggalkan perawatan diri dengan menjaga fitrah manusia, dengan menjaga kebersihan, kesegaran dan keharuman tubuh. Gak seru juga kalo seorang wanita berpenampilan kotor, acak adut, terkesan gak terawat... jangan harap ada cowok yang ngelirik deh kalo gini... (adanya kabur duluan... hohohohoho...).



Menurut saya, Cantik itu bisa berasal dari dalam... atau yang sering kita sebut Inner Beauty.. karena Sesungguhnya cinta yang dicari dari diri seorang wanita adalah sesuatu pengaruh yang terbit dari dalam jiwa dengan segala kemuliaannya dan mempunyai harga diri, dapat menjaga diri, suci, bersih, dan membuat kehidupan lebih tinggi di atas egonya yang akan membuat dirinya terlihat cantik baik luar maupun dalam ( wuizzzzz.... berat-berat..).


Dan salah satu penghias hati adalah iman...
Tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu.... " ( QS. Al Hujarat : 7 )


Bahkan Nabi juga telah mengkategorikan tentang wanita yang mulia :
“Seorang wanita dinikahi karena empat hal; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka pilihlah yang taat beragama niscaya kamu akan beruntung.” (HR. bukhari, Muslim)
Nah... tinggal temen temen pilih mana.... ^^




Sampai detik ini saya masih mempunyai pendapat bahwa setiap wanita memiliki kecantikan yang luar biasa dengan pesonanya masing masing... Mungkin ada bila dipandang dari fisik dia tidak masuk seperti kriteria idaman diatas, tapi ternyata di balik semua itu, dia memiliki hati yang luar biasa cantiknya melebihi paras wanita yang supermodel sekalipun.. karena kecantikan hati dan akhlaknya,  ia  membawa ketentraman dan keteduhan jiwa bagi siapapun yang mengenalnya.. karena kecantikan hati dan akhlaknya, banyak jiwa jiwa yang dapat tersenyum senang karena keramahan yang dipancarkan setiap bertemu dengan orang lain.. dan masih banyak lagi..
Mungkin juga ada beberapa wanita yang memiliki pesona karena fisik dan luarnya, (seperti yang telah saya sebutkan..) sehingga membuat para lelaki sedikit ter"hipnotis" ketika dia lewat didepannya... ada juga karena pesona intektualnya, sehingga membuat orang-orang berdecak kagum melihat bukti ilmu pengetahuan yang didapatkannya , dll.


Tidak ada wanita yang jelek.. semua wanita memiliki kecantikan dengan pesonanya masing masing... dan pesona yang paling indah bila disertai agama dan akhlak yang "cantik" pula... ^^ ( idaman setiap orang banget nih... hahaahahaha)
Tetaplah semangat... seperti kata iklan, " Karena Dirimu begitu berharga..." atau kata Drive " Kau adalah Wanita terindah... " dan seperti kata Choky Sitohang " Tunjukkan Pesonamu.."


karena engkau begitu cantik.. so, hiasilah dunia ini dengan pesona segala parasmu, keindahan akhlakmu, serta kecantikan karyamu terhadap sesama bahkan dunia... kenapa?? karena engkau begitu cantik... ^^


-Salam-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar